Sabtu, 02 Mei 2009

hardiknas

ada yang inget sekarang hari apa?

Hari sabtu

kalau tanggal 2 mei itu hari...
pendidikan nasional

Jadi Hardiknas kita ngapain ya?


sabtu, 02/05/2009 12:31 WIB
Hardiknas Diperingati dengan Tabur Bunga di Makam Ki Hadjar
Bagus Kurniawan - detikNews

Yogyakarta - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hadiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei diperingati secara serentak dengan upacara bendera di sekolah-sekolah. Puncak acara peringatan Hardiknas digelar dengan melakukan acara ziarah dan tabur bunga di makam tokoh pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

Acara tabur bunga di pusara Ki Hadjar dan sejumlah tokoh Taman Siswa di Makam Wijayabrata di Kampung Celeban, Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta, Sabtu (2/5/2009), ini dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta wakil Mendiknas.

Acara tabur bunga dipimpin oleh Sekda Tri Harjun Ismadji, Kepala Dinas pendidikan DIY Prof Dr Suwarsih Madya serta perwakilan keluarga besar Taman Siswa. Namun Ketua Majelis Luhur Perguruan Taman Siswa, Ki Tyasno Sudarto tampak tidak hadir dalam acara tersebut.

Sebelum dilakukan acara tabur bunga, sesepuh Taman Siswa, Prof Subroto mewakili keluarga besar Taman Siswa memberikan pidato sambutan dan menceritakan sejarah makam yang dibangun oleh Ki Hadjar. Di makam yang terletak tidak jauh dari kantor pusat Taman Siswa itu telah dimakamkan sekitar 208 para tokoh dan pendiri
Taman Siswa.

Sekda DIY, Tri Harjun Ismadji mengawali acara tabur bunga di atas batu nisan makam Ki Hadjar Dewantara dan Nyi Hadjar Dewantara yang letaknya berdampingan. Selanjutnya ke nisan anak bungsu Ki Hadjar, Ki Aloysius Syailendra Wijaya di samping kanan.

Nisan makam Ki Hadjar beserta istri dan anaknya berada di tengah kompleks makam yang teduh dikelilingi pohon cemara. Nisan yang terbuat dari batu itu terletak lebih tinggi dibandingkan makam lainnya. Di sekeliling makam Ki Hadjar terdapat relief yang menggambarkan perjuangan Ki Hadjar dalam memajukan bangsa melalui pendidikan.

Seusai para pejabat melakukan tabur bunga, sejumlah anggota Majelis Luhur Taman Siswa, guru dan murid-murid Perguruan Taman Siswa juga melakukan ziarah. Mereka tidak hanya tabur bunga di makam keluarga Ki Hadjar saja tapi juga ke semua tokoh Taman Siswa yang di makamkan di tempat itu. Makam Ki Sarino Mangunsarkoro
yang pernah menjabat menteri pendidikan juga di makamkan di tempat itu.

(bgs/djo)


Tapi kalau Ki Hajar Dewantara tahu ...
bahwa pendidikan kita ga beres gimana ya....
soal UN bocor....
Nilai di katrol...
fasilitas kurang memadai ...
guru yang tanpa semangat karena tanpa gaji......

Tidak ada komentar: