Rabu, 11 Februari 2009

nyontek = kanker

Wahai para pelajar yang gemar menyontek seperti melakukan kerjasama, bikin rangkuman kecil-kecil,lihat jawaban temen, dan berkomunikasi lewat kode-kode atau dalam bentuk apapun yang intinya melakukan hal kecurangan selama ulangan berlangsung itu sebenarnya.......................................................................
.........................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................................
GA BAIK...........................
yah anak sd juga mungkin tahu

"ih, nyontek kan dosa!"
"Iaa, masuk neraka loh"
"ih kamu mah nyontek, ga jujur!"
"musuhin yu..."

yah kira-kira begitulah dialog gw pas sd kalo ada yang nyontek. Tapi didinding kejujuran gw runtuh pas gw SMP. Akh...... keyakinan, dan keimanan gw hancur dimasa sekolah menengah pertama ini.

Gimana ya... kalo mau jujur,
nyontek itu bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga ada kesempatan!!
Waspadalah!! Waspadalah!!!

Dan pas SMP banyak banget kesempatan gw untuk melakukan kegiatan mencontek tersebut.
banyak alasan klise yang gw buat...
1). Tanggung biar dapet bagus
2). Daripada di remid
3). menjaga kekompakan kelas
4). Ikut meramaikan suasana kelas
5). biar punya kenangan masa SMP gw pernah nyontek....
6). yah begitulah...

setelah itu gw masuk RECIS yang katanya ketat, tapi anak yang nekat mah bisa aja nyontek...

Pelajaran Mandarin....
dan materi yang diulangankan itu.....
SUSAH BANGET.......
banyak huruf yang gw lupa kanjinya dan begonya gw juga lupa pin yin nya.
(semoga laoshi masih bae, gw dikasih bagus... amin (ngarep banget ya...)


trus karena susah banyak anak-anak yang nyontek....
gw yang bertekad untuk ga nyontek jadi deg-deg-deg...
sebelah gw nekat buka buku...
OMG biasanya gw nyantai klo open book, kini gw deg-degan dag-dig-dug belalang kuncup

tapi akhirnya gw juga nanya kesebelah gw beberapa nomor....

sebenarnya nyontek gw ga parah-parah amat. Tapi gw pikir lagi nyontek itu sama aja korupsi, mencuri dan berbohong.
gw bohong , saat itu nilai gw bisa bagus, tapi itu semu. Kebohongan besar dari kebohongan kecil, nyontek sedikit itu awal dari kebohongan dan mengakibatkan kebohongan lain yang lebih besar dan membuat pintu hitam terbuka
Gw mencuri, karena gw telah membuat kepercdayaan laoshi ke gw hilang, karena gw mencuri nilai yang belum layak gw dapatkan
Gw korupsi, Karena gw telah mengambil apa yang belum menjadi hak gw, dan itu merugikan orang lain. Gw intinya ga sportif, jadi gw ga layak ikut ulangan.

Jadi kalo mau bisa ga nyontek itu jangan ikut nyontek lagi,, dalam bentuk apapun... nyocokin jawaban juga jangan, Barter juga ga boleh.....
karena untuk menyembuhkan penyakit itu. Harus dibiasakan
harus dipotong sampe akar-akarnya...
biar ga tumbuh dan ga nyebar lagi... kayak jamur panu...
potong sampe akar-akarnya...
sel kanker juga gitu sih.... potong sampe akarnya...........
biar ga tumbuh
jadi nyontek=kanker, nyontek =panu, kanker=panu

junjung tinggi KEJUJURAN...
yeah....

1 komentar:

Dinda A. M mengatakan...

kok panu? hehehehe...
setuju... janganlah nyontek!! tapii meskipun di kelas udh ada CCTV masih pd nyontek lho.. schafer sih nggak (boong banget)

si sensei gmn kabarnya tuh? knp dy ga bikin fs ato fb aja c? biar gampang... haah... aku kn pengen nunjukin komik + gambar terbaru ke sensei nih...

ketemuan lagi yuk... kpn2, berempat... eh aku ada mxit di hp, sav add aku ya! (nomrnya yg IM3)